Kenalkan Aplikasi C-Access, KAI Commuter Siap Gelar "MANGKUNEGARAN Garden Orchestra"

Kompas.com - 25/11/2023, 19:47 WIB
Inang Sh ,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KAI Commuter berkolaborasi dengan Bank Mandiri akan menggelar MANGKUNEGARAN Garden Orchestra untuk mempromosikan aplikasi C-Access.DOK. Humas KCI KAI Commuter berkolaborasi dengan Bank Mandiri akan menggelar MANGKUNEGARAN Garden Orchestra untuk mempromosikan aplikasi C-Access.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui KAI Commuter terus berinovasi dalam pengembangan teknologi layanan kepada pengguna. 

Salah satu inovasi tersebut adalah aplikasi C-Access yang akan diluncurkan pada Sabtu 2 Desember 2023 mendatang di Stasiun Yogyakarta.

Untuk lebih memperkenalkan C-Access kepada masyarakat, KAI Commuter berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Pengenalan tersebut dikemas dengan pergelaran Orkestra oleh Twilite Orchestra di bawah konduktor ternama Indonesia Addie MS yang bertajuk “MANGKUNEGARAN Garden Orchestra”.

Acara tersebut akan digelar pada Minggu 3 Desember 2023 di area Pura Mangkunegaran Surakarta, tepatnya di Pracima Tuin.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artrivianto menyampaikan, pergelaran musik orkestra tersebut merupakan apresiasi yang diberikan KAI Commuter kepada pengguna commuter line

Baca juga: KAI Jamin Data Penumpang di Layanan Face Recognition Aman

“MANGKUNEGARAN Garden Orchestra merupakan salah satu bentuk apresiasi dari KAI Commuter kepada warga masyarakat Surakarta khususnya para pengguna Commuter Line yang ada di kota Surakarta dan sekitarnya,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (25/11/2023). 

Asdo berharap, pergelaran orkestra itu bisa menciptakan ekosistem lifestyle dalam menggunakan transportasi publik khususnya transportasi kereta api. 

“Pergelaran Twilite Orchestra ini merupakan kolaborasi kedua kali nya yang sebelumnya juga digelar pada tahun 2019 lalu di Jakarta.” tutup Asdo.

Pracima Tuin di area Pura Mangkunegaran dipilih sebagai tempat pergelaran orkestra karena visi Mangkunegaran yang selaras dengan visi dan misi KAI Group. 

Dalam hal ini, Mangkunegaran memiliki identitas sebagai Kerajaan Jawa yang progresif dan inovatif serta berperan menjawab tantangan untuk berkembang seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Sukses Hadirkan Produk di Stasiun LRT, KAI, dan Istana Bogor, Coway Buka Program Free Trial untuk Pelanggan Individu dan Korporasi

Di sisi lain, Pracima merupakan wadah realisasi Mangkunegaran dalam membentuk kebudayaan agar tetap berkembang terus melakukan berbagai bentuk kolaborasi budaya bersama masyarakat. 

Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary PT KAI (persero) Raden Agus Dwinanto Budiadji menambahkan, penyelenggaraan MANGKUNEGARAN Garden Orchestra merupakan salah satu bentuk apresiasi, inovasi, dan peningkatan layanan KAI Group.

Kegiatan itu juga menjadi wujud nyata sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api.  

Dengan kegiatan itu, kata dia, masyarakat dapat semakin mudah dalam mengakses layanan KAI Group yang serba digital.

Agus berharap, akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi massal kereta api untuk perjalanan komuter atau pun jarak jauh. 

Baca juga: KAI Punya Aset 270 Juta Meter Persegi, Baru Setengah yang Bersertifikat

“Sebab, KAI Group berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," katanta.

Dukungan untuk industri transportasi

Senior Executive Vice President Digital PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Sunarto Xie mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap industri transportasi di Indonesia.

Pasalnya, industri transportasi merupakan sektor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

“Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu KAI dan KAI Commuter dalam mengembangkan bisnis,” ujarnya. 

Sunarto mengatakan, pihaknya tidak hanya memberikan layanan yang terintegrasi dalam sistem pembayaran, tetapi juga lifestyle melalui sinergi antara super app Livin’ by Mandiri dengan Access by KAI dan C-Access.

Baca juga: KAI Services Buka Lowongan Kerja Minimal Lulusan SMA, Berikut Link Pendaftaran, Posisi, dan Kriterianya

Selain meluncurkan Aplikasi C-Access, KAI juga mengenalkan aplikasi “Access By KAI” yang sebelumnya sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. 

Rangkaian kegiatan itu bertujuan menciptakan ekosistem lifestyle dalam menggunakan transportasi publik khususnya dalam menggunakan kereta api.

Untuk memeriahkan acara, pengunjung yang mengaktifkan Livin' by Mandiri akan mendapatkan e-money special design secara gratis. 

Selain itu, pengguna Livin' by Mandiri akan menikmati kemudahan berbelanja dan bertransaksi secara hemat menggunakan QRIS Livin’ di tenant usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berpartisipasi pada event tersebut.

Para pengguna Livin' by Mandiri juga berkesempatan mendapatkan cashback hingga 50 persen selama event berlangsung.

Masyarakat umum sekitar Pura Mangkunegaran juga bisa menyaksikan pergelaran Twilite Orchestra melalui layar besar yang akan disiapkan di area Pamedan Pura Mangkunegaran. 

Baca juga: Peremajaan Armada, KAI Commuter Gandeng INKA Retrofit 19 Trainset KRL

Pergelaran itu juga akan diisi dengan booth stand pelaku UMKM yang menjajakan produk usahanya kepada masyarakat sekitar Kota Surakarta dan sekitarnya.

Acara itu juga akan menampilkan milennial insan KAI Commuter yang bergabung dalam C-Dance dan C-Choir untuk menghiburan pengunjung yang hadir di Pura Mangkunegaran.

Dalam pertunjukannya, C-Dance akan menampilkan gerak tari dan koreografi yang semangat. 

Sementara iu, C-Choir akan menampilkan pertunjukan dengan menyanyikan lagu-lagu yang familiar.

Kegiatan itu diharapkan dapat memberikan apresiasi kepada masyarakat Surakarta, khususnya pengguna Commuter Line Yogyakarta. 

Baca juga: Atasi Lonjakan Pengguna Commuter Line Jabodetabek, KAI Commuter Wujudkan Integrasi Antarmoda

KAI Commuter juga berharap dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi khususnya para penggiat UMKM.

Bagikan artikel ini melalui
Oke