Momen HUT Ke-79 RI, Pertamina Putar Pembacaan Teks Proklamasi di SPBU MT Haryono

Kompas.com - 18/08/2024, 13:03 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

Momen penghormatan dari jajaran Pertamina dan pelanggan di SPBU MT Haryono saat momen pembacaan teks proklamasi pada perayaan HUT ke-79 RI.Dok. Pertamina Momen penghormatan dari jajaran Pertamina dan pelanggan di SPBU MT Haryono saat momen pembacaan teks proklamasi pada perayaan HUT ke-79 RI.

KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga (persero) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan berbagi kebahagiaan dan semangat kebersamaan.

Semangat tersebut ditunjukkan oleh Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra saat hadir di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) MT Haryono, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Kehadiran Ega di SPBU itu bertujuan untuk menyapa sekaligus mengapresiasi masyarakat yang sudah menjadi pelanggan setia Pertamina.

Pada momen tersebut, Ega dan staf SPBU juga memutar pembacaan teks proklamasi. Uniknya, semua orang yang berada di SPBU menghentikan kegiatan dan serentak memberikan hormat.

Momen spontan dari warga dan pelanggan di SPBU MT Haryono itu menciptakan atmosfer patriotik. Seolah mengingatkan kembali pada para tokoh bangsa dan sejarah lahirnya Indonesia.

"Kami dari PT Pertamina Patra Niaga pada hari kemerdekaan ke-79 RI menyediakan beberapa macam program promo dan juga aktivasi pemasaran. Tujuan utama kami di sini untuk merayakan hari kemerdekaan RI bersama konsumen," ujar Ega dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (18/9/2024).

Momen kemerdekaan, tambah Ega, adalah momen yang spesial. Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan bahwa layanan kepada masyarakat tidak mengalami kendala.

Sebab, Ega meyakini, setiap insan masyarakat Indonesia ingin merayakannya dengan bergembira.

“Jangan sampai semangat kegembiraan itu terganggu dengan adanya kendala-kendala layanan dari Pertamina. Utamanya, di SPBU," kata Ega.

Ega menilai bahwa layanan dari Pertamina secara umum sudah berjalan dengan baik.

Untuk menambah kualitas layanan itu, Pertamina coba memberikan apresiasi kepada masyarakat melalui tambahan program-program spesial.

Salah satu program sepesial yang diperkenalkan adalah Thank God It's Fuel Day (TGIF) yang hadir untuk membuat hari Jumat pelanggan jadi lebih hemat.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Hadirkan Keseruan dalam Perayaan HUT RI ke-79 di SPBU

“Program ini merupakan salah satu program andalan MyPertamina setiap hari Jumat selama bulan Agustus. Pelanggan bisa mendapatkan harga spesial saat mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina,” ucapnya.

Program TGIF berlaku setiap hari Jumat pada pukul 15.00-20.00 WIB di seluruh SPBU Pertamina yang terintegrasi dengan MyPertamina.

Setiap pelanggan yang membeli produk Pertamax dengan nilai minimal Rp 250.000 mendapat cashback sebesar Rp 300 per liter. Sebagai catatan, promo ini hadir dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Kemudian, ada juga program berupa tukar poin MyPertamina yang ditujukan bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan poinnya.

Pelanggan dapat menukarkan poin tersebut dengan voucer dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan Pertamina.

"MyPertamina adalah platform digital Pertamina yang sudah banyak diminati. Kami terus mendorong agar platform ini dapat menjadi salah satu bentuk layanan kepada masyarakat sehingga mereka lebih mudah mendapatkan BBM. Sebab, MyPertamina banyak promonya. Ada promo potongan harga, cashback, loyalty point, dan lain-lain," jelas Ega.

Selain promo, MyPertamina juga memiliki produk e-voucer BBM yang merupakan salah satu produk baru Pertamina untuk memudahkan layanan kepada masyarakat.

"Jadi, pelanggan yang punya voucer BBM itu bisa dibagikan ke saudara, kawan, orangtua, atau kolega yang membutuhkan. Dengan begitu, kebutuhan BBM-nya juga bisa terpenuhi dengan mudah," tutur Ega.

Penghormatan dari staf SPBU MT Haryono saat pembacaan teks proklamasi di perayaan HUT ke-79 RI.Dok. Pertamina Penghormatan dari staf SPBU MT Haryono saat pembacaan teks proklamasi di perayaan HUT ke-79 RI.

Tak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga memberikan banyak aktivasi bertabur hadiah di SPBU terpilih yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia pada HUT ke-79 RI.

Berbagai aktivasi berhadiah tersebut, seperti promo nama unsur merdeka, tantangan membaca teks proklamasi, menyanyikan lagu Hari Merdeka, dan tantangan tarik benang berhadiah.

"Tadi kami melihat betapa semangatnya masyarakat, khususnya pelajar yang baru pulang dari upacara bendera. Kami tanya dan ajak melakukan kegiatan-kegiatan untuk merayakan ini. Mereka sangat bersemangat. Ada yang menyanyikan lagu Hari Merdeka, membaca teks proklamasi, dan ada yang ikut keseruan-keseruan kegiatan menarik di SBPU MT Haryono," terang Ega.

Ega juga mengungkapkan bahwa Pertamina Patra Niaga sudah melakukan banyak pengembangan layanan di MyPertamina. Dalam aplikasi tersebut, Pertamina melakukan pengembangan produk non-BBM.

Baca juga: Hari Merdeka bersama MyPertamina, Pertamina Berikan Cashback hingga Voucher Menarik bagi Pelanggan

"Kami sudah mengembangkan cross product, cross selling, dan cross point dengan platform lain. Artinya, di ekosistem digital ini, Pertamina juga akan membuat strategi partnership dengan ekosistem digital yang lain sehingga bisa memperkaya layanan yang ada di MyPertamina," kata Ega.

Tak hanya itu. Sebagai wujud komitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, Pertamina juga memberikan fleksi program di MyPertamina.

"Ada MyPertamina Tebar Hadiah dan ada program Promo Hari Kemerdekaan. Biasanya, pada akhir tahun, kami akan ada program MyPertamina Fair. Program ini adalah program loyalitas yang memberikan skema penukaran poin khusus untuk konsumen MyPertamina," jelasnya.

Komitmen dukung pemerintah lewat program energi terbarukan

Dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI, Ega juga memastikan komitmen Pertamina Patra Niaga dalam mendukung pemerintah untuk menghasilkan energi baru.

Dukungan tersebut ditunjukkan melalui kehadiran tagline “Energi Baru untuk Indonesia Maju” untuk mendorong green energy station.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra saat hadir di SPBU MT Haryono.Dok. Pertamina Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra saat hadir di SPBU MT Haryono.

"Sekarang, kurang lebih sudah hampir 400 SPBU yang menggunakan solar panel sebagai bagian power generation-nya. Ini menjadi salah satu konsep baru di SPBU Pertamina agar lebih green," ujar Ega.

Selain itu, Pertamina juga sudah meluncurkan produk bahan bakar ramah lingkungan, yakni Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo RON 98.

"Kami tentunya juga akan mendukung program pemerintah ke depannya untuk konteks BBM yang lebih ramah lingkungan," tuturnya.

Baca juga: Peringati Hari Anak Nasional, Pertamina Ajak Anak Indonesia Peduli Keberlanjutan Sejak Dini

Konsumen puji MyPertamina mudah dan efektif

Sejumlah konsumen pengguna MyPertamina yang ditemui di SPBU MT Haryono turut memberikan apresiasi atas keandalan aplikasi tersebut.

Seorang konsumen yang berprofesi pengemudi ojek online, Irna, mengaku sangat terbantu dengan kehadiran MyPertamina.

“Pelayanan di SPBU Pertamina sekarang lebih efektif karena pakai sistem. Jadi, lebih enak. Kami tinggal menyebutkan dan mengisi sendiri sehingga mempermudah. Kami tidak perlu antre,” ucap Irna.

Perihal beragam promo di MyPertamina, Irna mengaku tak begitu memperhatikan. Hanya saja, ia merasakan sendiri betapa MyPertamina memudahkan kegiatan hariannya.

“Kalau promo, saya sendiri jarang melihat di aplikasi MyPertamina. Namun, menurut saya pakai MyPertamina itu mudah. Saya kan driver, jadi langsung masuk aplikasi Ovo untuk pembayaran tunai driver. Mempermudah dan lebih cepat,” katanya.

Pengguna MyPertamina lainnya, Teguh, justru sangat menantikan promo-promo yang tersedia di aplikasi MyPertamina. Apalagi, sepanjang Agustus 2024, Pertamina menyediakan banyak promo.

“Di aplikasi MyPertamina banyak sekali promo yang dihadirkan sepanjang Agustus. Ini sangat membantu sekali buat kami pengendara motor. Promonya antara lain Bright Café dan Tomoro Cafe,” ujar Teguh.

Sebagai pengendara sepeda motor, Teguh terkesan dengan pelayanan di SPBU Pertamina. Menurutnya, pelayanan di SPBU Pertamina sangat memuaskan dan semua pelanggan terlayani dengan baik.

Ia berharap, Pertamina terus meningkatkan pelayanan, termasuk peningkatan fitur dan promo di aplikasi MyPertamina.

“Harapannya, semoga lebih baik lagi dan tambah banyak promo,” jelas Teguh.

 

Terkini Lainnya
Pertamina UMK Academy Jadi Program Pemberdayaan Berkelanjutan versi Marketeers Editor’s Choice Award 2024
Pertamina UMK Academy Jadi Program Pemberdayaan Berkelanjutan versi Marketeers Editor’s Choice Award 2024
Pertamina
Ibu Negara Puji Program
Ibu Negara Puji Program "Olah Sampah Jadi Berkah" dari Pertamina
Pertamina
Pertamina Call Center 135 Raih Platinum Best Agent, Alifia dan Fajri: Pelanggan adalah Sahabat
Pertamina Call Center 135 Raih Platinum Best Agent, Alifia dan Fajri: Pelanggan adalah Sahabat
Pertamina
Jadi Urat Nadi Virtual Energi, Ini Kunci Pertamina International Shipping Perkuat Logistik Nasional
Jadi Urat Nadi Virtual Energi, Ini Kunci Pertamina International Shipping Perkuat Logistik Nasional
Pertamina
55 Tahun Elnusa, Melaju dengan Keunggulan dan Menggerakkan Energi Masa Depan Indonesia
55 Tahun Elnusa, Melaju dengan Keunggulan dan Menggerakkan Energi Masa Depan Indonesia
Pertamina
Lewat 13 Perjanjian Kerja Sama Baru, Pertamina Percepat Dukungan Perhutanan Sosial
Lewat 13 Perjanjian Kerja Sama Baru, Pertamina Percepat Dukungan Perhutanan Sosial
Pertamina
Hijaukan Kembali Desa Besakih, Pertamina Tanam 200 Pohon di Kaki Gunung Agung
Hijaukan Kembali Desa Besakih, Pertamina Tanam 200 Pohon di Kaki Gunung Agung
Pertamina
Pada ISF 2024, PGE Kenalkan Paradigma Baru Pengembangan Energi Panas Bumi
Pada ISF 2024, PGE Kenalkan Paradigma Baru Pengembangan Energi Panas Bumi
Pertamina
Momen HUT Ke-79 RI, Pertamina Putar Pembacaan Teks Proklamasi di SPBU MT Haryono
Momen HUT Ke-79 RI, Pertamina Putar Pembacaan Teks Proklamasi di SPBU MT Haryono
Pertamina
Pertamina Patra Niaga Hadirkan Keseruan dalam Perayaan HUT RI ke-79 di SPBU
Pertamina Patra Niaga Hadirkan Keseruan dalam Perayaan HUT RI ke-79 di SPBU
Pertamina
Hari Merdeka bersama MyPertamina, Pertamina Berikan Cashback hingga Voucher Menarik bagi Pelanggan
Hari Merdeka bersama MyPertamina, Pertamina Berikan Cashback hingga Voucher Menarik bagi Pelanggan
Pertamina
Antar Pertamina Raih Kinerja Positif, Nicke Widyawati Dinobatkan Jadi Pemimpin Bisnis Perempuan Terkemuka Indonesia
Antar Pertamina Raih Kinerja Positif, Nicke Widyawati Dinobatkan Jadi Pemimpin Bisnis Perempuan Terkemuka Indonesia
Pertamina
Peringati Hari Anak Nasional, Pertamina Ajak Anak Indonesia Peduli Keberlanjutan Sejak Dini
Peringati Hari Anak Nasional, Pertamina Ajak Anak Indonesia Peduli Keberlanjutan Sejak Dini
Pertamina
Utamakan Kesehatan Mental Karyawan, Kementerian BUMN Gelar Roadshow 1.000 Manusia Bercerita di Jabar
Utamakan Kesehatan Mental Karyawan, Kementerian BUMN Gelar Roadshow 1.000 Manusia Bercerita di Jabar
Pertamina
Gelar Workshop Influencer BUMN Ke-10 di Jawa Barat, Erick Thohir Dorong Influencer BUMN Kuasai Keterampilan Digital
Gelar Workshop Influencer BUMN Ke-10 di Jawa Barat, Erick Thohir Dorong Influencer BUMN Kuasai Keterampilan Digital
Pertamina
Bagikan artikel ini melalui
Oke