Di UGM, Dirut PGN Bicara Pentingnya Pemanfaatan Gas Bumi

Kompas.com - Sabtu, 27 April 2019
Di UGM, Dirut PGN Bicara Pentingnya Pemanfaatan Gas BumiDok Humas PGNDirektur Utama PGN Gigih Prakoso memberi pembekalan pada calon wisudawan Program Pascasarjana UGM Periode III Tahun Ajaran 2018/2019, Rabu (24/4/2019).

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus sosialisasi mengenai pemanfaatan gas bumi. Terkini, hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso kepada calon wisudawan Program Pascasarjana UGM Periode III Tahun Ajaran 2018/2019. 

Dalam acara yang dikemas dalam bentuk talk show bertempat di Grha Sabha Permana, Selasa, (23/4/2019) itu, Gigih mengungkapkan bahwa peluang pemanfaatan gas bumi di Indonesia masih sangat besar.

“Bagi Indonesia, sangat penting untuk memikirkan sumber energi dalam jangka panjang, apabila ingin mendorong sektor Industri. Peluang untuk memanfaatkan gas bumi masih luas,” kata Gigih Seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (27/4/2019). 

Menurut Gigih, gas bumi sebagai sumber energi lebih menguntungkan dibandingkan bahan bakar minyak. Sebab, harga gas bumi lebih murah. Selain itu, penggunaannya lebih efisien. 

Saat ini, PGN merupakan perusahaan nasional Indonesia terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan dalam pemenuhan gas bumi domestik. Oleh karena itu, kata Gigih, PGN mengembangkan berbagai inovasi agar lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat penggunaan gas bumi. 

Caranya, PGN melakukan pembangunan dan memperluas infrastruktur gas di seluruh Indonesia, serta mengenalkan gas bumi sebagai energi bersih yang menawarkan manfaat besar. Kini, PGN mampu merangkul pelanggan dari berbagai sektor mulai dari rumah tangga, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga industri besar.

Di kesempatan itu, Gigih menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan energi yang jauh lebih efisien. Dengan beralih pada gas bumi, masyarakat bisa membantu pemerintah mengurangi subsidi dari penggunaan BBM dan gas tabung.

Kepada para calon wisudawan, Gigih juga berpesan agar memiliki prinsip dalam bekerja dan berkarya.

“Prinsip saya ketika saya bekerja di Pertamina hingga sekarang adalah profesionalisme dan integritas. Di mana pun kita bekerja, yang terpenting adalah memberikan yang terbaik bagi perusahaan,” kata Gigih. 

Ia berharap, lulusan UGM dengan keahlian khusus yang dimiliki dapat terlibat langsung di dalam pengembangan sektor-sektor penting di Tanah Air, termasuk dalam bisnis gas yang menurutnya akan sangat intensif dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan.

EditorSri Noviyanti
Komentar