Penuhi Kebutuhan Masyarakat, ADHI bersama Presiden Resmikan Bendungan Margatiga di Lampung Timur

Kompas.com - 26/08/2024, 17:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) bersama Presiden RI Joko Widowo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024). 
DOK. Humas ADHI PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) bersama Presiden RI Joko Widowo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024).

KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk ( ADHI) bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widowo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024). 

Peresmian itu turut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson, dan Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho. 

Dengan peresmian bendungan tersebut, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan produktivitas petani diharapkan bisa naik dengan signifikan. 

Bendungan Margatiga setinggi 22,5 meter (m) yang dibangun dari Kerja Sama Operasional (KSO) ADHI dan Waskita Karya (WSKT) itu terletak di Desa Negeri Jematen (Sandaran Kiri) dan Desa Trisinar (Sandaran Kanan) di Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur. 

Pembangunan bendungan itu bertujuan memenuhi kebutuhan air baku dan meningkatkan jumlah tampungan air sehingga dapat menjadi sumber air irigasi bagi sawah dan mereduksi banjir. 

Baca juga: Jokowi dan Para Menteri Tinjau Training Center PSSI di IKN, ADHI Pastikan Fasilitas Dibangun Sesuai Standar Internasional

Bendungan Margatiga memiliki luas genangan 2.313 hektar (ha) dengan daya tampung 42,31 juta m kubik yang dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,8 m kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan. 

Bendungan tersebut juga dimanfaatkan untuk pengendalian banjir yang dapat mereduksi air sebesar 83,10 m kubik per detik atau sebesar 32 persen. 

 PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) bersama Presiden RI Joko Widowo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024). 
DOK. Humas Adhi Karya PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) bersama Presiden RI Joko Widowo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Senin (26/8/2024).

Bendungan Margatiga dimanfaatkan pula untuk irigasi dengan luas 16.558 ha, antara lain seluas 5.600 ha untuk Jabung Kiri yang sudah fungsional dan 10.950 ha untuk Jabung Kanan yang masih potensial. 

Manfaat lain bendungan tersebut adalah sebagai konservasi air dan destinasi pariwisata baru di Lampung karena memiliki desain kawasan yang indah dengan ciri khas budaya Lampung. 

Tak kalah penting, Bendungan Margatiga dapat mencegah intrusi air asin pada saat musim kemarau di bagian hilir Bendung Jabung. 

Baca juga: ADHI Resmikan Jembatan Pulau Balang untuk Konektivitas di Kaltim dan IKN

ADHI sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi turut serta dalam pembangunan bendungan untuk mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air nasional. 

ADHI berkomitmen menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke