KOMPAS.com – Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid berharap, dengan berkembangnya industri electronic sports ( eSports) di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja,
“Kami juga akan mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang nantinya sampai mendunia," imbuhnya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/10/2021).
Seperti diketahui, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports.
Dalam divisi eSports tersebut terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan, salah satunya gim lokal karya anak bangsa yaitu Lokapala.
Baca juga: Masuki Babak Kualifikasi, Super Esports Series Season 1 Bakal Seru
Meski diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan gim Lokapala ini patut menjadi catatan tersendiri.
Sebab, pertandingan gim Lokapala dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat gim karya anak bangsa di pentas prestasi nasional maupun di kancah global.
Pada kesempatan terpisah, CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala Dedi Suherman berharap, lewat pertandingan persahabatan pada PON XX Papua dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan gim di tanah air.
Baca juga: Bangga, Gim Karya Anak Bangsa Kini Hadir di PON XX Papua 2021
Sementara itu, Ketua Pengarah dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia Frengky Ong mengatakan, kemampuan para atlet dari semua daerah dapat menjadi sumber daya potensial yang menjanjikan.
“Menarik untuk kami sampaikan, kemampuan para atlet dari semua daerah terlihat merata ini bisa menjadi sumber daya potensial untuk kemajuan prestasi eSports di masa yang akan datang,” ujarnya.
Menurut Frengky, penampilan seluruh atlet di babak pertama eksibisi PON XX Papua 2021 pantas mendapatkan pujian dan applause semeriah-meriahnya.
Sejak eksibisi eSports PON XX Papua dibuka pada Selasa (21/9/2021), ia mengaku, pihaknya telah menyaksikan kehebatan 188 atlet yang bertanding dalam penuh strategi dan kecerdasan para atlet.
Baca juga: EVOS Esports Luncurkan Integrated Training Facility
“Dan para tim yang telah bermain dalam penuh sportivitas sesuai dengan janji atlet yang dipegang bersama," ucap Frengky saat penutupan acara eksibisi esports PON XX Papua 2021.
Sebagai informasi, pertandingan gim Lokapala dilaksanakan secara offline dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Pertandingan ini juga disiarkan secara langsung di channel YouTube Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), UPoint.id, dan NimoTV.
Pertandingan gim Lokapala sendiri telah diselenggarakan pada Rabu (22/9/2021) sekaligus untuk pertandingan semifinal.
Kemudian pada Kamis (23/9/2021) diadakan pertandingan Bronze Match dan pada Sabtu (25 /9/2021) dilanjutkan pertandingan final. Dari hasil timeline match tersebut, diperoleh empat tim terbaik sebagai pemenang.
Baca juga: 6 Game yang Dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2021
Pada kategori gim Lokapala, Tim Jeet Esports yang terdiri dari Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan, dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli tim Dewa United.
Tim Dewa United secara otomatis berada di peringkat dua. Tim ini diperkuat oleh Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal, dan Roger Jeremy.
Kemudian Tim Capital Esports yang terdiri dari Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R. Asnawi berada di peringkat ketiga.
Baca juga: EVOS Umumkan Kerja Sama untuk Mendorong Ekosistem Esports Indonesia
Adapun total hadiah pertandingan persahabatan gim Lokapala di PON XX Papua 2021 sebesar Rp 180 juta.
Berikut pemenang serta hadiah yang didapatkan di pertandingan persahabatan gim Lokapala di PON XX Papua
Dengan penyelenggaraan pertandingan persahabatan di PON XX Papua 2021 ini diharapkan semua kategori gim dan atlet bisa terus maju dan mendapatkan sambutan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Baca juga: PON Papua 2021: Buka Mata, Bumi Cendrawasih Tak Lagi Tertinggal
Kemajuan dan sambutan yang baik akan dapat mengangkat kiprah eSports Indonesia di kancah dalam negeri maupun di pasar global.