BUMN Dukung Penuh Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kompas.com - 31/03/2024, 19:57 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

Konferensi pers bertajuk ?Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024? digelar di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).Jasa Marga Konferensi pers bertajuk ?Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024? digelar di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

KOMPAS.com – Badan usaha milik negara ( BUMN) berkomitmen penuh dalam mendukung penyelenggaraan mudik yang lancar, aman, dan nyaman dalam menciptakan pengalaman mudik asyik bersama BUMN 2024.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono menyampaikan, berdasarkan informasi terbaru, program mudik gratis bertema “Mudik Asyik Bersama BUMN” diikuti oleh 88 BUMN.

Hal itu dia sampaikan dalam konferensi pers bertajuk “Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024” yang berlangsung di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

“Setidaknya, ada 88 BUMN turut berpartisipasi yang siap melayani lebih dari 80.215 pemudik. Para pemudik akan diberangkatkan melalui tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unit kereta api, dan 15 unit kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Rivan dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (31/3/2024).

Rivan menambahkan, salah satu tujuan dari mudik gratis itu adalah membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas dengan pengalihan penggunaan sepeda motor ke moda bus, kereta api, dan kapal.

Pendaftaran Mudik Bersama BUMN 2024 yang dibuka secara online sejak beberapa minggu belakangan telah memasuki tahap verifikasi data. Rencananya, seremonial pemberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen akan dilaksanakan pada 2-4 April 2024. Sementara, keberangkatan bus akan dilakukan dari Silang Monumen Nasional Jakarta pada 5 April 2024.

Selain menyelenggarakan mudik gratis, lanjut Rivan, Jasa Raharja juga berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan dan pengamanan Operasi Ketupat yang dilaksanakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Baca juga: Jasa Raharja dan Kejaksaan Agung Gelar FGD Risiko Penyimpangan Dana Pertanggungan Wajib Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Pada 2024, salah satu langkah strategis yang dilakukan Jasa Raharja adalah berkoordinasi aktif dengan lima pilar keselamatan lalu lintas melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL), berkontribusi aktif dalam 22 pos pelayanan terpadu, dan menyiapkan 102 mobil unit keselamatan lalu lintas.

“Kami juga secara konsisten bersinergi dalam berbagai program pencegahan kecelakaan, meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat, dan melakukan survei jalur untuk pemetaan titik-titik wilayah yang menjadi lokasi rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik,” jelas Rivan.

Jasa Raharja sendiri menargetkan dapat mengangkut 20.000 pemudik ke berbagai wilayah Indonesia lewat mudik gratis yang diinisiasi perseroan. Jasa Raharja telah menyiapkan 104 bus dan 26 rangkaian kereta api.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan Angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari, yakni 31 Maret hingga 21 April 2024.

Selama periode tersebut, KAI menyiapkan 4.222.058 tempat duduk yang terdiri atas 3.283.204 tempat duduk kereta api (KA) Jarak Jauh dan 938.854 tempat duduk KA Lokal. Jumlah ini lebih banyak 10 persen jika dibandingkan realisasi penumpang Angkutan Lebaran 2023, yakni sebanyak 3,8 juta penumpang.

Pada Angkutan Lebaran 2024, terdapat 8.678 perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal atau rata-rata 394 perjalanan KA per hari. Jumlah total perjalanan KA ini sudah termasuk 1.242 perjalanan KA tambahan yang terdiri atas 1.154 perjalanan KA jarak jauh tambahan dan 88 perjalanan KA lokal tambahan.

Baca juga: Dirut Jasa Raharja Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Guna mendukung perjalanan kereta api pada masa Angkutan Lebaran tersebut, KAI juga menyiapkan 472 unit lokomotif, 1.872 unit kereta, dan 99 unit KRD.

“Kami memprediksi, puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 6 April 2024. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran atau pada 14 April 2024,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa.

Hadis mengatakan, berbagai fasilitas tambahan itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kemudian, ada juga pemberian takjil gratis kepada pelanggan di 21 stasiun besar pada H-10 sampai H-1 Lebaran atau pada 31 Maret sampai 9 April 2024.

KAI juga menyiagakan petugas Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 orang yang tersebar di 33 stasiun untuk membantu pelanggan secara fleksibel. KAI juga menambah 591 petugas tenaga kebersihan untuk memastikan kondisi kereta api serta stasiun senantiasa bersih dan higienis.

“KAI berkomitmen mewujudkan perjalanan mudik dengan aman, nyaman, dan tepat waktu. Dengan demikian, kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk mudik dengan ceria dan penuh makna,” ucap Hadis.

Layanan berbasis teknologi

Jasa Marga memprediksi pada arus mudik sebanyak 1,86 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai dengan H-2 Hari Raya Idul Fitri 1445H yang jatuh pada 3-11 April 2024.

Sementara itu, untuk prediksi arus balik, jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada H+1 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri 1445H yang jatuh pada periode 10-18 April 2024 adalah sebanyak 1,92 juta kendaraan.

Sebagai upaya menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi selama arus mudik dan balik untuk Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Jasa Marga juga telah menyiapkan strategi kesiapan operasi dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol Jasa Marga Group.

Baca juga: Jasa Raharja Fasilitasi Disabilitas Mudik Gratis dengan Bus dan Kereta Api

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan, peningkatan volume lalu lintas akan diimbangi dengan peningkatan sejumlah layanan operasi berbasis teknologi.

“Jasa Marga memanfaatkan Intelligent Transportation System (ITS) yang diimplementasikan dalam superapp Jasa Marga Integrated Digitalmap (JID). Teknologi ini digunakan oleh Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam menjawab kebutuhan dalam pengelolaan pelayanan jalan tol yang terintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas,” jelas Fitri.

Selain membantu operasional petugas Jasa Marga, lanjut Fitri, teknologi itu juga digunakan untuk memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas dan rest area di jalan tol secara real-time kepada pengguna jalan melalui aplikasi Travoy.

Fitri menyebutkan, peningkatan layanan teknologi yang digunakan dapat menghasilkan data dan informasi yang kemudian dianalisis oleh sejumlah Expert Talent di Jasa Marga. Data ini dimanfaatkan secara optimal oleh para pemangku kepentingan untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa itu dilakukan untuk mengoptimalkan kapasitas jalan tol sehingga penumpukan kendaraan dapat dihindarkan.

Untuk memantau kapasitas maksimal yang dapat ditampung di ruas jalan tol, Jasa Marga menggunakan teknologi digital counting berbasis radar dan CCTV Analytic berbasis artificial intelligence (AI).

Teknologi itu menerapkan standar yang disepakati, yakni kecepatan minimum 40 km per jam, kapasitas maksimum jalan tol dengan V/C ratio di bawah 0,8, masa transisi selama kurang lebih 2 jam, dan faktor keselamatan.

“Sebagai dasar pengambilan kebijakan, kami juga memasang 159 unit radar traffic counting di Jabodetabek, Transjawa, serta rest area untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas,” ucap Fitri.

Jasa Marga juga menambah Google Hit pada jalur arteri Jakarta-Malang dan Bali di 195 titik untuk memantau kecepatan rata-rata dan mengantisipasi kepadatan.

Baca juga: Direktur Utama Jasa Raharja Hadiri Rakor Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni

Sementara untuk ruas Jakarta-Cikampek, Jasa Marga juga telah mengoperasikan Lane Control Signal (LCS) di 4 titik untuk mengatur lajur contraflow.

Seluruh layanan teknologi itu juga dapat digunakan pengguna jalan dalam aplikasi Travoy yang mudah diakses melalui smartphone.

Jasa Marga juga telah menambah fitur terbaru pada aplikasi Travoy, yakni Travoy Journey, yang dapat memberikan informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real-time, rest-area yang akan dilalui, informasi pada Dynamic Message Sign (DMS), dan kecepatan rata-rata selama rute perjalanan.

Untuk meningkatkan layanan di rest area, Jasa Marga melalui anak perusahaan PT Jasamarga Related Business, memastikan fasilitas dan pelayanan di 59 Rest Area, 2 Rest Area Fungsional, dan 1 Rest Area alternatif di Ciperna Barat (Kantor Representative Office 2 PT JTT) dapat berjalan optimal.

Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 49 titik rest area yang sebelumnya hanya tersedia di 17 titik.

Terkini Lainnya
Dirut Jasa Raharja Hadiri Penutupan Posko Angkutan Mudik Lebaran Terpadu oleh Menhub 
Dirut Jasa Raharja Hadiri Penutupan Posko Angkutan Mudik Lebaran Terpadu oleh Menhub 
Jasa Raharja
Dirut Jasa Raharja: Efektivitas Keselamatan dan Penanganan Kecelakaan Mudik 2024 Meningkat, Jumlah Santunan Laka Lantas Menurun
Dirut Jasa Raharja: Efektivitas Keselamatan dan Penanganan Kecelakaan Mudik 2024 Meningkat, Jumlah Santunan Laka Lantas Menurun
Jasa Raharja
Gelar Peninjauan di Pelabuhan Panjang dan Bakauheni, Jasa Raharja Pastikan Kelancaran Arus Balik di Wilayah Lampung
Gelar Peninjauan di Pelabuhan Panjang dan Bakauheni, Jasa Raharja Pastikan Kelancaran Arus Balik di Wilayah Lampung
Jasa Raharja
Bersama Menko PMK dan Menhub, Dirut Jasa Raharja Lepas Arus Balik “One Way” Tol Kalikangkung
Bersama Menko PMK dan Menhub, Dirut Jasa Raharja Lepas Arus Balik “One Way” Tol Kalikangkung
Jasa Raharja
Semua Korban Kecelakaan di Km 58 Tol Japek Teridentifikasi, Jasa Raharja  Serahkan Santunan kepada Ahli Waris
Semua Korban Kecelakaan di Km 58 Tol Japek Teridentifikasi, Jasa Raharja Serahkan Santunan kepada Ahli Waris
Jasa Raharja
Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Kecelakaan di Km 370 A Tol Batang-Semarang
Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Kecelakaan di Km 370 A Tol Batang-Semarang
Jasa Raharja
Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Bus Rosalia di Km 370 A Tol Batang–Semarang
Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Bus Rosalia di Km 370 A Tol Batang–Semarang
Jasa Raharja
Jasa Raharja Serahkan Santunan Meninggal Dunia kepada Ahli Waris Korban Laka Km 58 yang Teridentifikasi
Jasa Raharja Serahkan Santunan Meninggal Dunia kepada Ahli Waris Korban Laka Km 58 yang Teridentifikasi
Jasa Raharja
Bersama Menko PMK dan Kakorlantas, Dirut Jasa Raharja Pantau Arus Mudik
Bersama Menko PMK dan Kakorlantas, Dirut Jasa Raharja Pantau Arus Mudik
Jasa Raharja
Lepas Mudik Gratis Kemenhub, Direktur Keuangan Jasa Raharja Imbau Masyarakat Tertib Berkendara di Kampung
Lepas Mudik Gratis Kemenhub, Direktur Keuangan Jasa Raharja Imbau Masyarakat Tertib Berkendara di Kampung
Jasa Raharja
Erick Thohir Lepas Keberangkatan Hampir 100.000 Peserta Mudik Gratis BUMN
Erick Thohir Lepas Keberangkatan Hampir 100.000 Peserta Mudik Gratis BUMN
Jasa Raharja
Tinjau Arus Mudik di Sejumlah Titik, Jasa Raharja Pastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2024
Tinjau Arus Mudik di Sejumlah Titik, Jasa Raharja Pastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2024
Jasa Raharja
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024, Jasa Raharja Komitmen Dukung Pengamanan Mudik Lebaran
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024, Jasa Raharja Komitmen Dukung Pengamanan Mudik Lebaran
Jasa Raharja
Jasa Raharja Berangkatkan 6 Pemudik Disabilitas Moda Kereta Api ke Sejumlah Daerah
Jasa Raharja Berangkatkan 6 Pemudik Disabilitas Moda Kereta Api ke Sejumlah Daerah
Jasa Raharja
Jasa Raharja Turut Serta dalam Pembukaan Posko Angkutan Lebaran 2024
Jasa Raharja Turut Serta dalam Pembukaan Posko Angkutan Lebaran 2024
Jasa Raharja
Bagikan artikel ini melalui
Oke