Elnusa Petrofin Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMAN 17 Makassar

Alifia Nuralita Rezqiana
Kompas.com - Jumat, 17 Desember 2021
Bekerja sama dengan Tribun Timur, PT Elnusa Petrofin gelar kegiatan CSR Petrofin Journalist Academy 2021, pada Kamis (16/12/2021), di SMA Negeri 17 Makassar. DOK. Humas PT Elnusa Petrofin Bekerja sama dengan Tribun Timur, PT Elnusa Petrofin gelar kegiatan CSR Petrofin Journalist Academy 2021, pada Kamis (16/12/2021), di SMA Negeri 17 Makassar.

KOMPAS.com –  PT Elnusa Petrofin menggelar pelatihan jurnalisitk di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 17 Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Kamis (16/12/2021).

Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo menuturkan bahwa pelatihan bertajuk Petrofin Journalist Academy 2021 merupakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaannya

“Dalam melaksanakan kegiatan CSR ini, kami bekerja sama dengan media lokal, yakni Tribun Timur,” tutur pria yang akrab disapa Arsa itu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Arsa menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan soft skill pelajar SMA tentang ilmu jurnalistik dan mengedukasi mereka tentang profesi jurnalis.

“Tentunya para siswa SMA akan memperoleh materi dari narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam jurnalistik,” katanya.

Baca juga: Sah, Pertamina Hulu Energi Kuasai 51 Persen Saham Elnusa

Ia berharap, melalui kegiatan Petrofin Journalist Academy 2021, wawasan dan kemampuan pelajar SMA di bidang jurnalistik akan meningkat.

Dengan demikian, lanjut dia, mereka dapat menyusun narasi berita maupun mengomunikasikan gagasan melalui narasi dan visual yang berkualitas.

Arsa juga berharap, pelajaran yang didapatkan selama ikut kegiatan Petrofin Journalist Academy 2021 dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun rangkaian materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut meliputi pengetahuan dasar jurnalistik, teknik pengambilan foto bernilai berita, diskusi tentang teknik menulis berita, menentukan judul berita, dan permainan menarik lainnya.

Ia menyampaikan, kegiatan CSR berupa pelatihan jurnalistik tersebut akan digelar kembali di beberapa wilayah lain, terutama daerah yang menjadi lokasi bisnis dan operasional PT Elnusa Petrofin.

Baca juga: Head of Corporate Communication Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Pemimpin Humas Berpengaruh 2021

Menanggapi hal itu, Kepala SMA Negeri 17 Makassar Nasrullah mengucapkan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin dan Tribun Timur atas terselenggaranya Petrofin Journalist Academy 2021.

“Semoga pelatihan ini menambah soft skill bagi siswa kami sebagai wadah pembelajaran untuk pengembangan minat bakat siswa dalam dunia jurnalistik,” ujar Nasrullah.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur Ronal Ngantung menilai, kolaborasi antara pihaknya dengan PT Elnusa Petrofin melalui Petrofin Journalist Academy 2021 telah membantu fungsi dan tugas media untuk mencerdaskan generasi muda.

“Media massa saat ini telah mengalami perkembangan akibat digitalisasi sehingga masyarakat beralih ke virtual dan sosial media, termasuk generasi muda sebagai pembaca,” kata Ronal.

Baca juga: Dukung Pertamina di Sultra, Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Kolaka

Untuk itu, lanjut dia, generasi muda termasuk pelajar SMA perlu meningkatkan soft skill dalam bidang jurnalistik.

Sebagai informasi, kegiatan Petrofin Journalist Academy 2021 di SMA Negeri 17 Makassar tersebut dihadiri oleh ratusan siswa secara daring dan 40 siswa di antaranya mengikuti kegiatan secara hybrid.

Pada akhir pelatihan, para siswa SMA Negeri 17 Makassar juga mendapat materi tentang pengenalan bisnis Elnusa Petrofin.

PenulisAlifia Nuralita Rezqiana
EditorMikhael Gewati