Head of Corporate Communication Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Pemimpin Humas Berpengaruh 2021

Inang Jalaludin Shofihara
Kompas.com - Senin, 13 Desember 2021
Head of Corporate Communication and Board of Director Support PT Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo menerima penghargaan sebagai Pemimpin Public Relations Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi? dalam forum Jambore PR Indonesia (Jampiro) #7 yang digelar Media PR Indonesia Group di Bali, Jumat (10/12/2021).DOK. Humas PT Elnusa Petrofin Head of Corporate Communication and Board of Director Support PT Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo menerima penghargaan sebagai Pemimpin Public Relations Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi? dalam forum Jambore PR Indonesia (Jampiro) #7 yang digelar Media PR Indonesia Group di Bali, Jumat (10/12/2021).

KOMPAS.com – Head of Corporate Communication and Board of Director Support PT Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan, komunikasi merupakan salah satu bagian terpenting perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

Menurutnya, sebagai bagian strategis di perusahaan, tugas utama pemimpin departemen atau fungsi public relations ( PR) adalah dapat membentuk, mengemas, dan mengomunikasikan pesan korporasi dengan tepat dan efektif.

“Dengan begitu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi, sehingga dapat tercipta engagement yang positif dengan seluruh key stakeholders,” ujarnya.

Dia mengatakan itu setelah menerima penghargaan sebagai "Pemimpin Public Relations Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi” dalam forum Jambore PR Indonesia (Jampiro) #7 yang digelar Media PR Indonesia Group di Bali, Jumat (10/12/2021)

Adapun, Putiarsa menerima penghargaan ini karena dinilai berhasil mewujudkan reputasi dan exposure positif perusahaan atau organisasi di mata publik dan stakeholders, baik di media pemberitaan maupun media sosial.

Baca juga: Lewat UMKM Mesari, Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2021

Selain itu, Putiarsa bersama para pemenang lainnya juga dinilai memiliki kinerja yang mumpuni dalam memimpin fungsi PR atau Corporate Communication yang sejalan dengan tujuan dari organisasi/korporasi.

Putiarsa pun mengapresiasi Media PR Indonesia Group atas penghargaan yang diterima.

Menurutnya, penghargaan ini tidak luput dari bantuan berbagai pihak, baik secara internal maupun eksternal, seperti media-media yang membantu proses komunikasi PT Elnusa Petrofin.

Putiarsa juga menyebutkan, penghargaan ini akan menjadi penyemangat Department Corporate Communication and BoD Support agar dapat menghasilkan inovasi-inovasi lainnya.

“Hal itu tentunya dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di departemen yang dia pimpin,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Dukung Pertamina di Sultra, Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Kolaka

Dengan begitu, lanjutnya, kehadiran Corporate Communication and BoD Support memberikan pengaruh yang lebih baik kepada reputasi perusahaan.

Untuk diketahui, Putiarsa mulai memimpin dan membangun fungsi Corporate Communication dan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Elnusa Petrofin sejak Desember 2017 yang sebelumnya tidak ada.

Tercatat dia telah mengeluarkan berbagai macam terobosan dan upaya untuk meningkatkan kinerja serta komunikasi efektif Elnusa Petrofin kepada publik dan stakeholders.

Selama pandemi Covid-19, Putiarsa secara proaktif memimpin timnya menjalankan kegiatan komunikasi perusahaan mulai dari kegiatan operasional, CSR, hingga informasi bisnis Elnusa Petrofin.

Pada kesempatan itu, founder dan CEO PR Indonesia Group Asmono Wikan mengucapkan selamat kepada para pemenang dalam ajang Forum Jambore PR Indonesia (Jampiro) #7.

Baca juga: PT Elnusa Hibahkan Head Truck untuk Universitas Negeri Jakarta

Asmono mengatakan, di masa yang penuh ketidakpastian akibat pandemi dan disrupsi digital, setiap pemimpin di level apa pun perlu selalu mengevaluasi agenda-agenda komunikasi kepada publik agar senantiasa tetap relevan dengan tujuan organisasi atau korporasi.

“Dunia berubah, pandemi mengajarkan banyak hal kepada kita semua, termasuk para pemimpin, bahwa cara dan metode komunikasi harus selalu disesuaikan dari waktu ke waktu. Ini agar upaya menggapai reputasi senantiasa dapat dicapai,” ujar Asmono dalam sambutannya.

Dalam kegiatan bertema “Transformasi Komunikasi Keberlanjutan Bangsa” itu, Media PR Indonesia Group bekerja sama dengan perusahaan startup Kazee Digital Indonesia.

Selain Putiarsa, beberapa pemimpin fungsi PR juga mendapatkan penghargaan “Tokoh PR Berpengaruh”, seperti Google Indonesia, Gojek, Telkom, Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telkomsel, Adaro Energi, BNI 46, Bank Mandiri, BRI, Astra, Tokopedia, dan lainnya.

Baca juga: Lewat Program AGNI, PT Elnusa Siap Kenalkan Motor Listrik “Elbike”

 

PenulisInang Jalaludin Shofihara
EditorMikhael Gewati