Pelayanan Perbankan Tetap Lancar Saat "Blackout", BRI Beberkan Rahasianya

Mico Desrianto
Kompas.com - Rabu, 7 Agustus 2019
Pelayanan Perbankan Tetap Lancar Saat Dok. Humas BRIPara nasabah saat menggunakan ATM BRI

KOMPAS.com - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ( BRI) membeberkan cara perusahaan bisa memberikan layanan prima, saat peristiwa pemadaman listrik (blackout) terjadi di sebagian wilayah Pulau Jawa, Minggu (4/8/2019). 

"Jadi jaringan kantor dan e-channel BRI dapat terus beroperasi dengan baik karena kami senantiasa melakukan berbagai tindakan preventif," kata Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Osbal Saragi seperi dalam keterangan tertulisnya.

Osbak mengatakan, salah satu tindakan previntif adalah secara berkala melakukan health check dan risk assessment terhadap availability power management di data center BRI.

“Makanya, apabila terjadi kondisi anomali, dipastikan layanan BRI tetap berjalan normal dan terkendali,” ucap dia sesuai rilis yang Kompas.com terima, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Berkinerja Positif, BRI Jadi Emiten Kinerja Terbaik di Ajang CSA Award

Selanjutnya, dalam sisi infrastruktur, Osbal menerangkan setiap jaringan kantor BRI juga dilengkapi tenaga cadangan (genset).

“Untuk mesin ATM BRI di luar Kantor BRI, selama pihak pengelola gedung memiliki genset, tentu juga tidak akan menemui masalah,” papar Osbal.

Terakhir, imbuh dia, BRI turut mengandalkan satelit BRIsat demi mendukung jaringan komunikasi pada saat blackout, sehingga setiap kantor dan mesin ATM BRI dapat terus terkoneksi dengan data center BRI.

Tak berhenti sampai di situ saja, ke depan, Bank BRI telah mengambil berbagai langkah antisipatif, yakni memastikan ketersediaan uang di seluruh mesin ATM BRI dan CRM BRI.

"Serta menambah stok bahan bakar genset untuk mengantisipasi kondisi listrik yang belum stabil," tutup Osbal.

PenulisMico Desrianto
EditorMikhael Gewati